Jumat, 30 Juli 2010

jenis tyumbuhan dan hewan yang ada didaerah karst

Flora
Flora di kawasan karst mempunyai keunikan dalam segala hal. Flora di kawasan karst mempunyai tingkat keendemikan yang sangat tinggi dengan potensi ekonomi yang sangat tinggi pula.
Beberapa jenis flora seperti anggrek, paku-pakuan, palem, dan pandang merupakan jenis yang terkadang hidup di tebing-tebing karst. Beberapa jenis mempunyai habitat yang sangat spesifik, seperti anggrek yang ditemukan di Borneo. famili Liliaceae, Sapotaceae, dan Simarubaceae.
Kawasan kars pegunungan Kendeng mempunyai keragaman flora. Jenis pohon dan tumbuhan yang ada antara lain Mahoni (Swietenia macrophylia), Jambu Mete (Anacardium occidentale), Randu Kapuk (Ceiba Pentandra), Randu Alas (Salmalia malabarica), Kepuh (Sterculia foetida). Jenis tumbuhan yang dibudidaya atau bersifat liar lainnya adalah aren, kluwih, kluwak, mangga, pisang, jati, kelapa, sengon, melinjo, beringin, pulai, lutungan, suren, jambu biji, wuni, eheng, glodogan, mindi dan mimba.

Fauna
Fauna di permukaan karst belum banyak diteliti, namun diyakini bahwa tebing-tebing karst merupakan habitat bagi berbagai jenis burung yang khas, seperti gelatik Jawa yang ditemukan di tebing-tebing di sekitar pantai selatan di Gunung Kidul.. Berbagai jenis mamalia juga sering dijumpai, seperti macan kumbang, macan tutul, maupun berbagai jenis karnivora lainnya.
Contoh-contoh fauna khas gua yang ditemukan di Gunung Sewu antara lain: kepiting gua (Sesarmoides jacobsoni) dan udang gua (Macrobrachium poeti). Jenis-jenis khas lainnya, seperti Isopoda terestrial yang sangat kecil, ditemukan di Gua Semuluh dan Gua Bribin, yaitu Javanoscia elongata dan Tenebrioscia antennuata.. Gunung Sewu merupakan tempat temuan jenis ikan khas gua yang sudah terancam punah, yaitu Puntius microps yang ditemukan di perairan bawah tanah.

Berbagai jenis fauna bertulang belakang juga sering ditemukan hidup di dalam gua. Fauna yang paling sering ditemui adalah kelelawar, Fauna lain seperti walet sangat banyak ditemukan di gua-gua di pesisir selatan Gunung Kidul dan memberikan fungsi ekonomi dan ekologi tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar